Saturday, December 7, 2013

PASCA: Tata Kelola dan Etika Bisnis Islami (12) Pro LM Tabligh



3. FATHANAH

Teladan ketawakalan Siti Hajar: ketika ditinggalkan di tengah gurun tawakal tidak akan ditelantarkan oleh Allah. Dalam prakteknya yaitu setelah mencari mata air keliling 7 kali dan setelah menemukan air kemudian datang kabilah yang meminta air, Siti Hajar membolehkan air diambil tetapi dengan memberikan makanan kepadanya (menjual air mineral).


4. TABLIGH:

Tabligh adalah sifat umum kenabian, tetapi yang membedakan adalah jumlah followersnya. Yang memiliki banyak followers adalah Nabi Muhammad, Nabi Isa, dan Nabi Musa.

1) Clear vision: visi yang jelas
Tujuan hidup muslim di dunia, arah jelas, makna, energi dan kekuatan untuk melakukan action. Visi yang simple, singkat tetapi tepat sasaran. Dapat memberikan kekuatan mental dan keberanian untuk melaksanakan visi tersebut menjadi tindakan, serta membutuhkan waktu.

2) Shared mission and objective

3) Effective communicator: pandai merangkai kata dan kalimat
Latihan dan persiapan untuk menyampaikan dengan bahasa yang sesuai dengan audience, menarik dan mudah dimengerti.

4) Leading with example

5) Motivating and inspiring
Membedakan motivasi yang tidak membuat rasa takut tetapi berhasil menunjukkan potensi terbaiknya, memimpin tanpa uang dan intimidasi tetapi melalui tauladan dan motivasi.
Uang dapat memberikan motivasi pada level tertentu tetapi tidak lagi pada level berikutnya, yaitu basic needs harus terpenuhi dulu. Pada level tinggi uang akan tarik menarik, contohnya pada saat gaji tinggi di perusahaan yang terpencil dengan perusahaan internasional dengan gaji yang lebih kecil, contoh jika visi misi perusahaan yang lebih sesuai dengan visi misi pribadi. Sebelum basic needs terpenuhi walaupun faktor lain baik dapat menjadi faktor penarik. Tetapi jika motivasinya sangat kuat dapat mengesampingkan faktor uang, contohnya visi untuk memerdekakan Indonesia. Motivasi yang lebih kuat dari itu adalah yang dimiliki oleh para sahabat ketika dipanggil oleh Rasulullah, yaitu untuk membela dan menyampaikan kebenaran Islam.

6)Care and compassionate
If we care about them, they will take care of our interests.

7)Teamwork
Suatu tim yang bekerjasama untuk mencapai tujuan yang sama: listening, questioning, persuading, respecting, helping, sharing, and participating.
Rasulullah merupakan orang yang paling baik dalam mengumpulkan orang-orang terbaik kedalam timnya: 10 orang yang dijamin masuk surga, 7 diantaranya adalah orang kaya.



Dr. Muhammad Syafi’i Antonio M.Ec.
 

No comments: