Saturday, September 6, 2014

PASCA: Manajemen Strategi (3)

Value Chain terdiri dari primary activities dan supporting activities. Contohnya primary activities terdiri dari: supply chain, manufacturing, brand, distribusi. Supporting: IT, finance, human resources, operation. Suatu industri tidak harus mengambil semua tahap, dan dapat konsentrasi pada 1 tahapan saja, yang menentukan pilihan tahapan dari sebuah industri adalah kompetensi yang dimilikinya, dan melihat pasar yang tersedia untuk membuat produk tersebut. Contohnya seorang yang memiliki keahlian di bidang keuangan / finance dan menemukan banyak usaha kecil di sekitar lingkungannya maka akan dapat memberikan modal kerja pada usaha kecil. Faktor yang menjadi pertimbangan dalam menentukan konsentrasi bisnis: kompetensi yaitu kekuatan dan kelemahan yang telah dimiliki untuk memanfaatkan peluang (opportunities) yang ada di market yang ada, hal ini disebut dengan cash flow strategy. Contohnya yaitu perusahaan seperti google dan anak perusahaannya tidak mendapatkan keuntungan dari iklan tetapi data yang dimasukkan pengguna menjadi milik mereka dan diolah agar dapat dijual kepada perusahaan besar seperti Microsoft. Apa faktor2 eksternal (politik, ekonomi, sosial, teknologi, lingkungan) yang mempengaruhi bisnis yang dipilih. Yang terpenting dalam manajemen strategi ini adalah menyeimbangkan antara financial goals dengan non financial goals bahkan menjadikan semua urusan yang dikerjakan tidak ada pembagian antara urusan dunia dengan urusan akhirat melainkan semuanya menjadi kesatuan yaitu merupakan bagian dari urusan akhirat. 1.What are the industry’s dominant economic features? 2.What kind of competitive forces are industry members facing? 3.What factors are driving industry change and what impacts will they have? 4.What market positions do rivals occupy – who is strongly positioned and who is not? 5.What strategic moves are rivals likely to make next? 6.What are the key factors for future competitive success? 7.Does the outlook for the industry present an attractive opportunity? Apakah peluangnya masih menarik saat ini yaitu apakah sudah banyak pemain di bagian bisnis tersebut. Macro environment yang menentukan: populasi demografis, teknologi, Membobotkan strengths dan weaknesses yang dimiliki, mengidentifikasi opportunities dan threats yang ditemui dan dibuat matriksnya dalam pembahasan industry attractiveness. Dosen: Ahmad Mukhlis Yusuf PhD

No comments: