Saturday, March 1, 2014

PASCA: Metodologi Penelitian (1)



Tesis merupakan karya ilmiah yang menjadi gerbang identitas kepada komunitas dan akan dipublikasikan oleh karena itu harus memilih topik yang benar-benar dikuasai dan diminati untuk masa depan di dunia akademis. Idenya harus pantas untuk dipublikasikan di jurnal-jurnal, identifikasi calon pembaca dan bagian2 yang menarik serta apakah berskala local atau internasional. Ide dapat ditemukan dengan membaca tulisan orang dengan maksud untuk mengkritisi.
Syarat utama: konten yang berguna dan menarik, tulisan jelas dan logis.
Second author, dapat menambahkan kontributor untuk tulisan kita. Tetapi second author dan first author dapat mengakui karya tersebut adalah miliknya.
Meneliti untuk mengatasi keterbatasan di penelitian sebelumnya dapat menjadi originalitas yang diperlukan.

Disertasi merupakan kumpulan publikasi yang dikumpulkan menjadi satu topic besar dimana subtopik2 nya saling berkaitan dan terdiri dari tulisan yang terpisah. Untuk tesis dapat dibagi2 antara penulis a dengan b dan seterusnya dengan data yang sama tetapi metode yang berbeda.
Syarat penelitian harus memastikan bahwa data yang dibutuhkan dapat diakses sehingga memastikan dapat diselesaikan penelitiannya tepat waktu.

Fokus awal adalah menentukan permasalahan utama sehingga judul dapat berubah sesuai dengan perkembangan dalam penelitiannya. Langkahnya adalah dengan mengumpulkan data, table, figures terlebih dahulu, kemudian memilih metode kemudian melihat hasil, sedangkan judul dan abstraksi ditetapkan diakhir dan merupakan kesimpulan yang menarik atas sebuah tulisan termasuk kesimpulan hasil penelitian.

Alasan memilih metodologi harus dijelaskan sehingga harus diketahui plus minus setiap metodologi yang ada, dan harus dijelaskan langkahnya secara detil sehingga dapat diikuti langkah2nya untuk diketahui apakah hasil yang didapatkan sesuai, atau untuk diolah ulang data2nya.

S1 mencari seperti apa praktek dari teori yang didapatkan
S2 fokus pada kontribusi keilmuan

No comments: