Saturday, March 15, 2014

PASCA: Metodologi Penelitian: Tugas Pribadi

http://www.emeraldinsight.com/journals.htm?issn=0958-868X


LATAR BELAKANG
Investasi terdiri dari dua jenis yaitu sektor keuangan dan sektor riil. Investasi di sektor keuangan adalah produk-produk yang dihasilkan oleh lembaga keuangan, contohnya: tabungan, saham, reksadana, deposito, dll. Sedangkan investasi di sektor riil terdiri dari emas dan properti. Investasi di sektor keuangan cenderung lebih teratur dibanding investasi di sektor riil, karena merupakan produk industri jasa yang menyediakan banyak informasi bagi para investor. Di sisi lain, investasi di sektor riil kebanyakan bergerak sendiri-sendiri dan para pelaku investasi perlu berusaha lebih untuk mendapatkan informasi mengenai seluk beluk investasi di sektor riil. Banyak investasi di sektor riil ini yang kemudian tidak dapat dioptimalkan penggunaannya oleh para investor baik berupa emas maupun properti.

RUMUSAN MASALAH
Batasan masalah yang diamati adalah banyaknya investasi properti yang tidak digunakan secara optimal oleh para investor.

TUJUAN
Menemukan solusi optimalisasi investasi properti yang tidak hanya menguntungkan bagi investor (shareholders) tetapi juga menguntungkan bagi masyarakat dan lingkungan (stakeholders).

MANFAAT
Menciptakan investasi properti yang lebih menguntungkan baik secara ekonomi maupun sosial.

DESAIN
Penelitian lebih berupa penelitian kualitatif yang dilakukan dengan studi pustaka, kemudian studi lapangan dan interview.





LATAR BELAKANG
Tingginya tingkat wealth distribution gap di Indonesia.

RUMUSAN MASALAH
Mengetahui seberapa besar pemilihan jenis investasi individu berpengaruh terhadap wealth distribution di Indonesia.

TUJUAN
Menemukan solusi apakah ada yang dapat dilakukan pelaku ekonomi mikro dalam membantu mengatasi permasalahan wealth distribution gap di Indonesia.

MANFAAT
Menghasilkan bahan pertimbangan bagi masyarakat Indonesia dalam mengambil keputusan investasi dalam kaitannya dengan wealth distribution gap di Indonesia secara umum.

DESAIN
Merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan mengolah sumber-sumber sekunder yang berasal dari publikasi pemerintah dan swasta. Data yang dimaksud berupa indikator ekonomi makro yang terkait dengan wealth distribution dan data investasi yang dilakukan individu.






PILIHAN A
Mengoptimalkan investasi properti.


PILIHAN B
bagaimana pelaku ekonomi mikro dapat membantu memecahkan masalah wealth distribution gap






http://www.uin-alauddin.ac.id/download-2-RAHMAWATI%20MUIN.pdf
http://sofyan71sbw.files.wordpress.com/2010/05/distribusi-pendapatan-dan-kemiskinan-di-indonesia.pdf

kualitatif
risiko investasi properti
mengoptimalkan investasi properti
kedudukan investasi properti dalam manajemen kekayaan Islami
kontribusi investasi properti dalam membantu distribusi kekayaa

kuantitatif
indikator wealth management dari pemerintah

No comments: