Saturday, March 15, 2014

PASCA: Metodologi Penelitian (3)



Judul tesis menjadi spesialisasi keahlian seseorang. Mencari permasalahan umum dan menjawabnya dari sudut pandang keahlian yang dimiliki / diinginkan. Jika tidak menguasai materi ybs harus diusahakan dikuasai. Permasalahan umum diselesaikan dengan metodologi khusus spesialisasi keahlian peneliti.
Contoh rumusan masalah: kondisi actual seperti apa kemudian disampaikan teorinya.

Presentasi ujian tesis harus dibuat singkat tetapi jelas agar penguji mendapatkan pemahaman terhadap inti penelitian dan pertanyaannya tidak meluas keluar dari inti penelitian.

Kuantitatif lebih mudah karena sudah ada model pengukuran yang teruji, tetapi harus menguasai dengan baik model pengujian yang digunakan. Sedangkan kualitatif harus menganalisa data dan mempertahankan teori dengan baik terhadap penguji.

Skripsi adalah menemukan kasus actual dari teori yang dipilih, report dan komparasi apakah sesuai dengan teori. Tesis menekankan seberapa besar kontribusi terhadap keilmuan pada sisi tersebut dengan cara mengambil teori, menyertakan penelitian2 terkait secara detil dan menambahkan celah yang kurang dari penelitian2 sebelumnya. Dan seharusnya menghasilkan dalil2, solusi2 baru yang belum dipikirkan oleh peneliti sebelumnya.


Tugas dikumpulkan via email.

LATAR BELAKANG
RUMUSAN MASALAH
TUJUAN 
MANFAAT 
DESAIN


Dosen: Dr. Eng. Saiful Anwar SE, MSi Ak

No comments: